Pusat Edukasi Brand  - Evermos

Cash On Delivery (COD)

Cash On Delivery (COD) adalah sebuah layanan yang memungkinkan untuk pembayaran dilakukan saat kurir tiba di lokasi penerima paket/pesanan dan reseller tidak perlu melakukan pembayaran melalui sistem Evermos.

Untuk dapat mengaktifkan fitur COD, silahkan mengikuti langkah langkah berikut:

  1. Brand login ke Brand Dashboard

  2. Masuk ke menu Produk

  3. Pilih icon pensil yang terdapat di kolom Aksi (bagian kanan) pada daftar Produk / Varian Produk 

  1. Klik icon pensil, lalu akan muncul Form Edit Produk

  2. Pada Form Edit Produk akan terdapat field/fitur COD. Jika toggle COD ini diaktifkan (geser ke kanan), maka produk tersebut akan memiliki penanda COD di aplikasi Evermos; baik di halaman daftar produk, halaman Brand, maupun halaman detail produk.

  1. Setelah mengatur COD pada menu produk, Brand harus memastikan bahwa kurir COD sudah aktif. Saat ini, kurir di Evermos yang telah memfasilitasi fitur COD adalah JNE COD. 

    Aktivasi kurir COD masih belum dapat dilakukan di Brand Dashboard, untuk itu Brand harus menghubungi BRC atau AM untuk mengaktifkannya.

Proses Transaksi COD

Transaksi COD yang diproses dengan kurir JNE COD mewajibkan resi otomatis. 

Untuk tahapan memproses pesanan produk COD dapat dilakukan melalui Menu Transaksi Brand Dashboard, sama seperti saat memproses pesanan resi otomatis lainnya (dapat dilihat di sini). 

Untuk melanjutkan pemrosesan pesanan, Brand dapat klik Buat Resi & Atur Pick Up.

Saldo Aktif dan Pencairan

Dana penjualan atas transaksi COD akan masuk ke Saldo Aktif Brand setelah transaksi selesai (barang diterima) dan pencairan dapat dilakukan satu kali dalam sehari. 

Pencairan saldo dapat dilakukan seperti pencairan pada umumnya. Lihat juga tentang Pencairan Saldo pada link ini.