Pusat Edukasi Brand  - Evermos

Menambahkan Produk Massal di Brand Dashboard Evermos

Anda dapat memanfaatkan fitur Kelola Data Produk yang tersedia di Brand Dashboard Evermos untuk melakukan upload produk secara massal. Saat ini fitur Kelola Data Produk baru tersedia untuk MiminVendor Evermos (Brand Dashboard versi website).



Anda dapet  mengikuti langkah - langkah berikut :

  1. Buka website MiminVendor Evermos lalu masukkan email dan password dari akun yang anda miliki (akun Reseller) dan klik tombol Masuk

                                           

  2. Pilih menu Dashboard pada sebelah kiri brand dashboard untuk memunculkan menu Produk. Pilih menu Produk untuk memunculkan halaman produk anda.

                                   

  1. Pada halaman produk, anda akan melihat beberapa pilihan menu , yakni Tombol Input Produk, Menu Pencarian Produk, Filter dan Status Upload beserta Tab Produk dan Varian Produk. 

    Berikut penjelasan masing-masing pilihan menu beserta cara penggunaannya :

    • Tombol Input Produk 
      Tombol Input Produk digunakan untuk menambahkan data produk yang diunggah dalam bentuk file Excel (.xlsx).  

      Anda juga dapat mengunduh Template File Excel data produk yang nantinya dipakai untuk mengisi data produk yang ingin anda upload.

    • Menu Pencarian Produk, Filter dan Status Upload
      Anda dapat mencari produk berdasarkan nama produk atau kode SKU serta melihat daftar produk berdasarkan status upload produk anda yang sedang diproses dan dicek oleh tim Quality Control Evermos.




    • Tab Produk dan Varian Produk

      Anda dapat melihat produk yang sudah diupload dengan memilih Tab Produk untuk memunculkan halaman produk. Kolom Harga Vendor, Harga Konsumen, dan Jumlah Stok akan menampilkan angka 0 jika tidak ada varian dari produk anda yang aktif. Jika anda memiliki varian produk dengan harga dan stok berbeda, sistem akan menampilkan nilai terkecil dari Harga Vendor dan Harga Konsumen, serta akumulasi jumlah stok dari seluruh varian produk yang aktif.

      Anda dapat melihat detail varian dan produk dengan memilih tombol / ikon mata pada kolom Aksi. Untuk memperbaiki data varian dan produk, pilih tombol / ikon pensil pada kolom Aksi




      Anda dapat melihat varian produk dan status QC yang sudah ditambahkan dengan memilih Tab Varian Produk untuk memunculkan halaman varian produk. Status pengecekan atau QC terbagi menjadi tiga, yaitu : 


      o Waiting for Verification : Saat pertama kali berhasil menambahkan data produk, produk akan otomatis memiliki   status Waiting for Verification yang artinya produk sedang dalam proses QC oleh tim Evermos.


      o Verified : Jika produk telah lolos proses QC atau sudah valid dan sesuai, maka tim QC Evermos akan menyetujui produk dan status dari varian produk akan berubah menjadi Verified.


      o Rejected : Jika produk tidak lolos proses QC atau dinyatakan tidak valid dan tidak sesuai standar Evermos, tim QC Evermos akan menolak produk dan status dari varian produk akan berubah menjadi Rejected. Tim QC Evermos akan memberikan anda alasan penolakan produk agar anda dapat memperbaiki produk sesuai standar Evermos.


      Anda dapat mengaktifkan produk jika salah satu varian produk sudah berstatus Verified. Setelah produk aktif, produk dapat dilihat dan dijual di aplikasi Evermos.

      Jika status varian produk Rejected, anda dapat melakukan perbaikan dengan cara edit data produk yang telah diinput. Panduan perbaikan dapat ditemukan di sini.

      Untuk varian produk konsinyasi (lokasi stok di gudang evermos) maka kamu tidak dapat melakukan update stok. Namun untuk varian produk dropship (lokasi stok di gudang brand) maka kamu dapat melakukan update stok langsung dengan menekan tombol / ikon pensil.

  2. Untuk menambahkan produk dan varian, klik tombol Download Template Produk pada menu input produk. 



    Browser anda akan secara otomatis mengunduh file excel berisikan template data produk yang selanjutnya dapat diisi data produk anda. Pastikan anda telah mengisi sesuai dengan standar dan panduan produk Evermos yang telah disediakan.    

  1. Setelah melakukan pengisian data produk, unggah file excel produk anda ke kolom input produk. Setelah itu, pada bagian atas halaman produk anda, ada informasi notifikasi yang menyatakan bahwa produk berhasil diinput dan sedang dalam proses pengecekan / QC oleh tim Evermos. 
    (Pastikan anda telah menyalakan tombol subscribe notifikasi untuk mendapatkan notifikasi status input. Anda dapat mengakses panduan subscribe notifikasi disini)

    Anda akan menemui beberapa informasi notifikasi sesuai dengan hasil input produk anda :

  1. Seluruh produk berhasil diinput (All Success)
    Jika input data produk sudah berhasil diproses dan seluruh data produk valid, seluruh produk yang sudah diinput akan muncul di daftar produk dan varian produk dengan status Waiting for Verification untuk selanjutnya dilakukan QC oleh tim Evermos.

                                             

  2. Beberapa produk berhasil diinput (Partial Success)
    Jika input produk sudah berhasil diproses ada kemungkinan hanya beberapa data produk yang valid dan sisanya tidak sesuai ketentuan template file excel, maka : 


    1. Produk yang valid akan ditambahkan ke sistem dan muncul di daftar produk dan varian produk dengan status Waiting for Verification

    2. Untuk produk tidak valid, anda akan mendapat notifikasi informasi dan arahan untuk kembali melakukan download data produk yang tidak valid dengan menekan tombol Download File. Browser akan secara otomatis mengunduh file excel yang berisi data produk yang tidak valid beserta pesan error / alasan mengapa produk tidak valid.
      Setelah anda memperbaiki data produk tersebut, tekan tombol Input Ulang untuk menginput ulang data produk yang tidak valid untuk diproses oleh sistem.





  3. Seluruh produk gagal ditambahkan (All failed)
    Jika input produk sudah berhasil diproses, dan seluruh produk gagal ditambahkan ke sistem (tidak valid), anda akan mendapatkan notifikasi informasi untuk download data produk dengan menekan tombol Download File. Browser akan secara otomatis mengunduh file excel yang berisi data produk 
    beserta pesan error / alasan mengapa produk tidak valid.

    Setelah anda memperbaiki data produk tersebut, tekan tombol Input Ulang untuk menginput ulang data produk yang tidak valid untuk diproses oleh sistem.


Panduan berupa video tutorial dapat diakses melalui link video berikut. 
-  Panduan Fitur Kelola Data Produk Brand Dashboard
-  
Tutorial Pengisian Data Produk Menggunakan Excel (Bulk)

Jika ada kendala lebih lanjut, anda dapat menghubungi AM terkait untuk mendapatkan bantuan selanjutnya.



Lihat juga: