Pusat Edukasi Brand  - Evermos

Integrasi Evermos dengan Orbiz

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, Evermos telah terintegrasi dengan Orbiz sebagai salah satu omnichannel pilihan sejak pertengahan Februari 2024. Sehingga, Brand Partner dapat mengintegrasikan toko di Evermos dengan Orbiz atau pilihan omnichannel lainnya, yaitu Jubelio.

Orbiz merupakan sebuah platform omnichannel yang dapat membantu Brand Partner dalam mengelola produk dan pesanan dari berbagai channel penjualan dalam 1 dashboard saja. Dengan menggunakan Orbiz, stok produk dari berbagai channel penjualan dapat diintegrasikan sehingga membantu Brand Partner dalam memantau stok produk.


Bagaimana cara mengintegrasikan akun Evermos dengan Orbiz?

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk dapat mengintegrasikan toko yang ada di Evermos dengan Orbiz:


  1. Generate Informasi untuk Integrasi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendapatkan ID Brand, Client Secret, dan Client Key. Berikut adalah cara untuk mendapatkannya:

  1. Login dan akses akun Brand Dashboard Evermos

  2. Pilih menu Pengaturan

  1. Pilih tab Integrasi

  1. Klik tombol Tambah

  1. Pilih Orbiz sebagai omnichannel atau enabler yang akan kamu gunakan

  1. Setelah memilih, klik tombol Generate yang kemudian akan memunculkan Detail Integrasi Orbiz

  2. Namun, kamu harus memasukkan kata sandi terlebih dulu sebagai langkah verifikasi keamanan

  1. Kemudian, klik tombol Verifikasi

  2. Lalu, informasi yang dibutuhkan untuk proses integrasi akan muncul. Salin informasi tersebut untuk tahapan integrasi selanjutnya.

  1. Kamu juga bisa lihat detail informasi integrasi dengan Orbiz melalui tab Integrasi. Kemudian, klik Lihat Detail dari integrasi Orbiz yang kamu lakukan. Ulangi langkah 7 (tujuh) hingga 9 (sembilan).


  1. Integrasi Akun

Langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan akun toko Evermos milikmu dengan Orbiz, yang dapat dilakukan dengan menghubungi kontak Internal dari Orbiz lalu memberikan informasi Integrasi yang sebelumnya telah diperoleh yang  berisikan data ID Brand, Client Secret, dan Client Key.


  1. Integrasi Produk / Data SKU Brand

Integrasi ini akan digunakan dalam:

  1. Sinkronisasi stok antar marketplace

  2. Sinkronisasi transaksi-transaksi antar marketplace

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan Integrasi Produk ke Orbiz:


  1. Brand Baru atau Belum Memiliki Produk di Evermos

Untuk Brand Partner yang baru memulai berjualan di Evermos (sudah memiliki akun namun belum memiliki produk di Evermos), integrasi produk dapat dimulai dengan cara:

  1. Tambah produk di Dashboard Evermos

  2. Tambah produk juga di Dashboard Orbiz

  3. Hubungi AM/BRC Evermos dan informasikan bahwa kamu ingin mengintegrasikan Produk SKU yang sudah ditambahkan di Evermos dengan Produk SKU yang kamu tambahkan juga di Orbiz.

  4. Tim Evermos (AM/BRC) akan memberikan data SKU Evermos kepadamu. Silakan lengkapi data yang diberikan. Tim Evermos akan mengupdate data yang sudah kamu lengkapi ke sistem Evermos.

  5. Apabila proses ini sudah selesai dilakukan, maka produk SKU di Evermos dan Orbiz akan terhubung.


  1. Brand yang Sudah Memiliki Produk di Evermos

Untuk Brand Partner yang sebelumnya sudah memiliki produk dan sudah berjualan di Evermos, Integrasi produk dapat dimulai dengan cara:

  1. Hubungi AM/BRC Evermos dan informasikan bahwa kamu ingin mengintegrasikan Produk SKU yang sudah ditambahkan di Evermos dengan Produk SKU yang kamu tambahkan juga di Orbiz.

  2. Tim Evermos (AM/BRC) akan memberikan data SKU Evermos kepadamu. Silakan lengkapi data yang diberikan. Tim Evermos akan mengupdate data yang sudah kamu lengkapi ke sistem Evermos.

  3. Apabila proses ini sudah selesai dilakukan, maka produk SKU di Evermos dan Orbiz akan terhubung.


Limitasi

Apabila terdapat perubahan data Produk SKU yang kamu miliki melalui Orbiz, perubahan tersebut tidak akan merubah data Produk SKUdi Evermos, berlaku sebaliknya.


  1. Integrasi Order

Jika proses integrasi akun dan produk sudah dilakukan semua, maka sinkronisasi order dan stok otomatis akan berjalan, sehingga order yang masuk melalui platform Evermos akan tampil dan bisa diproses di Orbiz.


Untuk pertanyaan lebih lanjut, kamu dapat menghubungi tim Brand Resolution Center (BRC) kami melalui chat di nomor wa.me/6281946202000