Pusat Edukasi Brand  - Evermos

Panduan Penggunaan Fitur Diskusi Produk di Brand Dashboard

Diskusi Produk adalah fitur yang menghubungkan antara Reseller dengan Brand melalui forum diskusi seputar produk yang dapat diakses oleh Reseller melalui Product Detail Page. Diskusi Produk dapat diakses oleh Brand melalui Brand Dashboard pada menu baru. Brand dapat membalas pesan diskusi dengan Reseller melalui Brand Dashboard dan juga melaporkan pertanyaan atau balasan dari Reseller yang sekiranya tidak sesuai atau merugikan Brand. Hadirnya fitur ini diharapkan dapat memudahkan komunikasi antara Reseller dan Brand seputar produk terkait dengan lebih mudah dan lebih baik lagi. 

Langkah-Langkah Menggunakan Diskusi Produk

  1. Membalas Pertanyaan/Diskusi Reseller


  1. Buka menu Diskusi Produk melalui sidebar menu di samping kiri. Pada bagian ini, terdapat counter berupa angka dengan area berwarna merah yang memberikan informasi kepada Brand bahwa terdapat sekian jumlah diskusi dari Reseller yang belum dijawab/dibalas oleh Brand.

  1. Setelah klik atau membuka menu Diskusi Produk, akan ditampilkan halaman Diskusi Produk yang secara keseluruhan terdiri atas section Daftar Diskusi yang diajukan oleh Reseller dan juga section Detail Diskusi dengan Status Belum Dijawab. Untuk melihat status lain, pilihlah tab lain dengan status Sudah Dijawab atau Semua. 

    Pada Daftar Diskusi, Brand dapat melihat list diskusi atau pertanyaan awal dan balasan lain di dalam diskusi yang dikirimkan oleh Reseller kepada Brand pada setiap produknya. Daftar Diskusi ini akan diurutkan berdasarkan diskusi dengan pertanyaan/balasan terbaru dan akan dikelompokkan berdasarkan produk yang dimiliki oleh Brand. Apabila terdapat balasan baru pada sebuah diskusi, akan terdapat counter berupa angka dengan area berwarna merah yang memberikan informasi kepada Brand bahwa terdapat sekian jumlah Balasan yang belum dibaca oleh Brand.


Untuk membalas diskusi/pertanyaan/balasan yang diterima, dapat dengan klik salah satu diskusi atau pertanyaan yang diterima untuk kemudian membuka Detail Diskusi atau pertanyaan dari Reseller.

  1. Pada bagian kanan Daftar Diskusi, ditampilkan pesan-pesan yang dikirimkan oleh Reseller dan Brand. Brand dapat membuat balasan baru melalui field “Tulis balasan di sini…” di bagian bawah section Detail Diskusi dan memasukkan input balasan yang diinginkan. Balasan yang dapat diisikan oleh Brand berupa minimal 10 karakter dan maksimal 600 karakter. Setelah mengisi balasan, pesan dapat dikirim dengan klik tombol panah berwarna biru di samping.


  1. Melaporkan Pertanyaan/Diskusi Reseller

  1. Brand dapat melaporkan pertanyaan awal maupun setiap pesan yang ada dalam diskusi. Pelaporan untuk Pertanyaan Awal dapat dilakukan dengan klik tombol bendera  di pojok kanan atas pertanyaan awal pada Daftar Diskusi. Sedangkan, pelaporan untuk balasan pesan dari Reseller dapat dilakukan dengan klik tombol benderapada setiap balasan di Detail Diskusi. Setelah diklik, akan muncul dialog Laporkan Konten.

  1. Pada dialog Laporkan Konten, Brand diminta untuk mengisi alasan pelaporan. Setelah diisi dan dikirim, pelaporan untuk pertanyaan atau balasan tersebut tidak dapat dilakukan kembali oleh Brand hingga moderasi diputuskan oleh tim Internal Evermos.


  1. Apabila laporan telah diputuskan oleh tim Internal Evermos untuk diterima, maka pertanyaan awal yang dilaporkan akan dihapus secara keseluruhan hingga ke balasan yang ada pada diskusi/pertanyaan awal tersebut. Sedangkan, apabila Brand melaporkan balasan pesan, maka hanya balasan pesan tersebutlah yang akan dihapus. Sebagai catatan, lama waktu proses moderasi kurang lebih 3x24 jam pada hari kerja setelah pelaporan dilakukan.


  1. Menyelesaikan Diskusi dengan Balasan yang Tidak Memerlukan Jawaban


  1. Untuk mempermudah pengelompokan pertanyaan, Brand dapat mengubah status pada pertanyaan yang tidak lagi memerlukan jawaban. Sehingga, status pada pertanyaan tersebut akan menjadi Sudah Dijawab.

  1. Perubahan status diskusi dapat dilakukan melalui Daftar Diskusi dengan klik  tombol “Tandai sebagai Sudah Dijawab” pada diskusi terkait. Nantinya, Diskusi tersebut akan berubah status dari Belum Dijawab menjadi Sudah Dijawab.



Sebagai tambahan informasi dan memperjelas pemahaman penggunaan Diskusi Produk di Brand Dashboard, Brand dapat melihat link Presentasi (https://docs.google.com/presentation/d/1S6MHxmdan-UIG_mYyY3qJjNgkYsII2FLWTDVy9X7cxk/edit?usp=sharing) berikut atau Video (https://youtu.be/qErUVVS634g) berikut.